Lodeh Nangka Muda




Makan siang dengan sayur nangka muda atau gori sebutannya dalam bahasa Jawa, enak banget. Ini salah satu sayur favorit saya. Dan ini kedua kalinya saya memasak sayur nangka muda. Nangka muda-nya beli di pasar 😃 Dulu yang pertama, nangka mudanya dari pohon di pekarangan rumah Eyang Putri di Magetan, dan saya bikin gudeg ala Yogya yang legit itu.

Alhamdulillah, saya belum lama belajar masak, tapi jarang gagal. Seringnya berhasil dengan rasa yang enak. Sesuai harapan. Yuk, simak resep saya.

 
 Bahan:
300 gram nangka muda, potong-potong dan rebus setengah matang
seikat kacang panjang (kira-kira 10 helai)
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
5 buah cabai hijau, potong serong
3 sdt garam
2 sdt gula merah
1 sachet kaldu bubuk rasa sapi
1 liter santan dari 1/2 butir kelapa
500 ml air

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
3 buah cabai merah besar
1/2 teh ketumbar

Cara memasak:
1. Tumis bumbu halus dengan daun salam dan lengkuas sampai harum
2. Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci berisi nangka rebus dan air, tambahkan kacang panjang dan cabai hijau
3. Aduk sampai kacang panjang setengah matang
4. Masak sambil diaduk terus sampai mendidih
5. Tambahkan santan, kemudian disusul gula merah, garam, dan kaldu bubuk
6. Aduk lagi sampai mendidih
7. Lodeh nangka muda siap dihidangkan

Selamat makan 🍲🍲😋

Comments