Bakmi Ayam

Saya suka makan mi, termasuk mi instan. Tapi, saya pernah mengalami semacam alergi parah karena makan mi instan terlalu  banyak. Kalau dalam waktu berdekatan (1-3 hari) makan lebih dari sebungkus, akan timbul bisul di area wajah (pipi, dagu, dan sekitar telinga). Saya juga nggak tahu kenapa hanya wajah yang diserang. Tidak pernah bagian tubuh lainnya. Saya mengira ada bahan tertentu dalam mi instan yang membuat saya tidak tahan. Padahal, mi instan adalah solusi saat lapar dengan biaya murah 😀 Saya pun mencoba memasak bakmi sendiri. Dulu di awal tahun 2000-an, saya mencontek resep dari bungkus mi telur. Sempat vakum bertahun-tahun sampai tahun 2011 saya kembali masak bakmi sendiri. Karena sudah lama saya tinggalkan, saya lupa resep yang pernah saya pakai. Tapi dari mengamati penjual bakmi keliling, saya pun mencatat dan memodifikasinya. Yuk, coba bakmi a la saya 🍳🍝





Bahan:
140 gram mi kering, rebus setengah matang dan tiriskan, tambahkan sedikit minyak
1 butir telur 
2-3 buah wortel, potong bentuk korek api 
100 gram kol, potong persegi 
200 gram daging ayam, potong dadu 1 cm x 1 cm x 1 cm, rebus bersama tulangnya dalam 250 ml air 
3 siung bawang putih, dikeprek 
3 butir bawang merah, dikeprek 
2 sdm kecap manis 
1 sdt lada bubuk 
2 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdm minyak wijen
Bawang goreng secukupnya untuk taburan  


Cara memasak:
1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum
2. Masukkan telur, aduk kasar, tambahkan kol dan wortel sampai setengah matang3. Tambahkan daging ayam rebus yang sudah dipotong dadu, aduk sebentar
4. Masukkan mi rebus, aduk. Tambahkan air kaldu dari rebusan daging ayam agar mi tidak lengket di wajan.
5. Aduk semua bahan, tambahkan kaldu bubuk, kecap manis, dan lada. Aduk lagi sampai rata dan terakhir tambahkan minyak wijen menjelang matang.
6. Bakmi siap dihidangkan, dengan taburan bawang goreng renyah di atasnya.
Untuk 2-3 porsi
Nyam 😋 Selamat makan!
*
Resep ini pernah saya post di CookPad beberapa bulan yang lalu. Tapi sekarang saya terpikir untuk mendokumentasikannya di sini 😀


Comments

  1. Lah koq pake acara alergi segala ya?! Btw cuuss eksekusi resepnya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu dulu sih 😄 sekarang makan mi instan sedikit lebih sering kok rada kebal ya 😜

      Delete
  2. Wah mba asik bener suka masak-masak gini, aku juga kadang pengen modif masakan tapi ga pede 😂

    ReplyDelete

Post a Comment